Cegah Penyebaran Narkotika, Kasatnarkoba Beri Penyuluhan Pelajar Jombang

INDONESIASATU.CO.ID:

JOMBANG - Penyebaran Narkotika dalam perkembangan terbaru bukan saja meyasar kalangan dewasa, tapi juga menyasar dikalangan pelajar maupun remaja. Upaya pencegahan dengan tindakan tegas yang dilakukan pihak Kepolisian ternyata belum mampu memotong jaringan sindikat Narkotika itu. 

Tampaknya tidak cukup hanya penindakan tegas, namun perlu adanya tindakan persuasif edukatif dalam bentuk sosialisasi maupun penyuluhan disemua kalangan, terkhusus dikalangan generasi muda. Hal tersebut yang saat ini tengah dilakukan oleh jajaran Satnarkoba Polres Jombang. 

Melalui Kasatreskrim Polres Jombang AKP Mochamad Mukid SH menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan penyuluhan kepada pelajar saat gelaran Jambore Pramuka Pelajar Se Kabupaten Jombang di WTC Wonosalam pada Selasa, (3/7/2018) kemarin. 

"Penyuluhan dilakukan karena mengingat sudah masuknya peredaran Narkoba dikalangan pelajar dan remaja. Padahal mereka merupakan generasi penerus bangsa yang tidak seharusnya terpengaruh dengan Narkotika", ungkap AKP Mochamad Mukid saat dijumpai wartajatim.com diruang kerjanya, Rabu (4/7/2018) siang. 

Kegiatan penyuluhan tidak dilakukan sendiri, namun juga menggandeng Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Serta Forum Anak (FAJ) Jombang. Mengingat peran pencegahan penyebaran Narkotika bukan saja tanggung jawah kepolisian, tapi juga semua pihak, terutama orang tua, Guru dan lingkungan sekitar.

"Perlu ada pengawasan khusus dari orang tua dan guru, tidak bisa dibebankan begitu saja kepada Satnarkoba, " ungkap mantan Kasatnarkoba Polres Ngawi lebih lanjut. 

Kasatnarkoba menekankan pentingnya pembendungan bahaya Narkotika dengan mengedepankan Moralitas dan Religiusitas. Artinya, sikap yang taat pada aturan dimasyarakat dan sisi kepatuhan terhadap ajaran agama perlu ditingkatkan. 

Dalam penegasan akhir, AKP Mochamad Mukid SH berpesan, jika mengetahui gejala penyalahgunaan Narkotika pada orang terdekat, bisa segera melapor ke pihak kepolisian bagian Satnarkoba. 

Korban penyalahgunaan Narkoba tersebut bakal mendapatkan rehabilitasi. Jika tidak melapor dan tertangkap tangan kedapatan menyimpan atau bahkan mengedarkan akan terkena sanksi pidana.

 

Penulis : Fredi

Index Berita