Pelaku Usaha dan Notaris se Kota Kediri, Dipermudah Mengurus Surat Perizinan dan Pajak

INDONESIASATU.CO.ID:

KOTA KEDIRI-Ratusan pelaku usaha yang tergabung dalam Kadin Kota Kediri dan Notaris bisa bernafas lega, dikarenakan sudah tidak direpotkan lagi dengan surat perizinan dan perpajakan.

Mereka sudah dimudahkan dengan menggurus izin dengan sistem Online Single Submission yang dikenal OSS dari dinas terkait Pemkot Kediri.

Tidak hanya mengurus surat perizinan, namun untuk mengurus tentang pajak juga dipermudah.

Hal itu dikatakan Sularko selaku KPP Pratama Kota Kediri para pelaku usaha melalui gadget, HP Android dan internet untuk memperoleh dan mengetahui laporan SPT Tahunan tanpa harus datang ke kantor.

Ia menambahkan bahwa Untuk memperoleh kemudahan diawali dengan memiliki mengaplikasi IKSWP.  Mengingat sekarang ini jamannya digitalisasi semua terkait laporan SPT Tahunan.

"Terutama para Notaris selalu bersingungan dengan kantor pajak, apalagi pada saat melakukan validasi," bebernya.

Terpisah, Bambang Setiawan selaku Divisi Investasi Wakil Ketua Kadin Kota Kediri mengatakan, sekarang sistem perizinan sudah dimudahkan oleh Pemda setempat. 

"Dengan adanya sistem OSS para pelaku usaha jika mengurus izin baik itu perseroan atau CV maupun PT bahkan perorangan sangat diberi kemudahan proses izinnya, " terang Iwan kepada media ini, Kamis (14/3/2019).

Iwan menambahkan pelaku usaha sangat dimudahkan dalam urusan perpajakan dan surat izin dengan sistem OSS.

Kita sebagai pelaku usaha sangat dimudahkan dan bisa mengakses semua perizinan yang dibutuhkan.

"Hanya saja, kita mau tidak mau harus melek IT, apalagi kita ini generesi gen x, jadi harus bisa menyesuaikan," tuturnya.

Dikatakan Iwan bahwa Kadin Kota Kediri sendiri juga agresif membina pelaku UMKM melakukan start up.  Mereka generasi millenial dengan sistim OSS seperti ini yang pasti akan mendapat sambutan yang luar biasa.

"Salah satunya dalam mengurus perizinan sudah tidak ribet lagi. Semua pelaku usaha dimudahkan dalam hal perizinan dengan sosialisasi OSS ini,"ungkap Iwan. (prijo) 

  • Whatsapp

Index Berita