Pemkab Kediri Serahkan 22 Kartu Asuransi Untuk Pembudidaya Ikan

INDONESIASATU.CO.ID:

KAB.KEDIRI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menyerahkan kartu asuransi perlindungan bagi pembudidaya ikan skala kecil di Kabupaten Kediri.

Program ini, ditujukan untuk melindungi pembudidaya ikan skala kecil, agar beban yang ditimbulkan lebih ringan. Ini merupakan program dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, dimana premi asuransi dibayar seluruhnya oleh Pemerintah Pusat," hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nurhafid kepada indonesiasatu.co.id, Kamis (10/1/2019) pagi.

Adapun yang dijamin oleh asuransi adalah bila terjadi kematian akibat serangan penyakit dan juga karena terjadi bencana alam.

"Asuransi berlaku selama 1 tahun dan seluruh premi ditanggung oleh pemerintah, pembudidaya tinggal menikmati jika terjadi sesuatu terhadap usaha budidayanya," tegas Nurhafid.

Program ini ditujukan untuk pembudidaya komoditas ikan bandeng, patin, nila dan udang. Kehadiran pogram asuransi ini memberikan dan dirasakan manfaatnya oleh para pembudidaya ikan, khsususnya di Kabupaten Kediri.

Sehingga diperlukan dorangan dan dukungan lebih besar dari pemerintah, khususnya bagi pembudidaya ikan di Kabupaten Kediri.

"Kedepannya untuk asuransi ini, khususnya untuk pembudidaya ikan kecil ini semakin terasa di masyarakat. Sekarang kita sudah mulai mendata sebanyak-banyaknya pembudidaya untuk ikut dalam asuransi ini," ungkapnya.

Nurhafid menjelaskan, manfaat yang dirasakan pembudidaya merupakan bentuk kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

"Mereka sangat terbantu dengan program ini. Karena ini merupakan perlindungan bagi usaha pembudidaya ikan. Total lahan yang mendapat perlindungan asuransi ini seluas 5,2 ha yang tersebar di daerah Kecamatan Kandangan, Kandat dan Wates Kabupaten Kediri," pungkasnya. (adv/kominfo) 

  • Whatsapp

Index Berita