Peserta Terbaik KEC Dipromosikan Ke Menpar, Ikut Ajang Festival Internasional

INDONESIASATU.CO.ID:

KEDIRI - Antusias masyarakat Kabupaten Kediri membanjiri acara Kediri Exotic Carnival (KEC) yang digelar SMK Negeri 1, dalam rangka merayakan Ulang Tahun ke - 9, bertempat di depan Kantor Dinas Perhubungan, Kawasan Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri, Minggu (22/4/2018) pukul 13.00 WIB.

Secara simbolis Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Ngasem Gatot Sukarno didampingi Adi Suwignyo Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri beserta Undangan memukul drum sebagai tanda acara Kediri Exotic Carnival dimulai.

Sebanyak 116 peserta yang ikut memeriahkan Kediri Exotic Carnival, Diantaranya, dari siswa siswi SMK Negeri 1 Ngasem Kabupaten Kediri dan Kota Kediri, Jombang, Tulungagung dan Bangkalan.

Adi Suwignyo Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri dalam acara KEC memberikan apresiasi bagi peserta KEC yang masuk 20 besar, akan diikutkan dalam acara Parade Budaya Kabupaten Kediri, yang akan datang. 

Ajang KEC juga bisa menarik wisatawan untuk datang ke Kediri. Kabupaten Kediri memiliki tempat-tempat wisata yang menarik dan banyak dikunjungi wisatawan Kediri maupun Luar Kediri.

Dicontohkan Suwignyo, ada Wisata Gunung Kelud, Air Terjun Dolo, Air Terjun Irenggolo, Puhsarang dan Monumen SLG.

Suwignyo menyampaikan, bahwa kegaiatan KEC ini juga ikut mendorong dan mendongkrak dari sektor Pariwisata, dan juga sektor pelaku UMKM Kabupaten Kediri, baik pelaku usaha makanan dan non makanan.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Ngasem, Gatot Sukarno dalam sambutannya Ulang Tahun ke-9 atau Dies Natalis SMK Negeri 1 yang bertepatan pada tanggal 6 Mei 2018.

"Kami memberikan pendidikan bagi siswa-siswi tidak hanya akademis tapi juga non akademis," terang Gatot.

Saat ini kegiatan KEC salah satu seni budaya dibalut pakaian modern dan kreasi budaya lokal yang dilombakan oleh pihak sekolah, dengan maksud untuk melatih anak-anak lebih kreatif, dan kedepan KEC merupakan sub bagian untuk mengembangkan dan mendongkrak sektor Pariwisata Kabupaten Kediri.

Gatot dalam kesempatan ini, mengajak kepada seluruh masyarkat Kabupaten Kediri untuk menghadiri acara puncak pada hari Rabu, tanggal 25 April 2018, mengajak sinau bareng dan ngaji bareng bersama Cak Nun dan Kyai Kanjeng, bertempat di belakang Lapangan Sekolah SMK Negeri 1 Ngasem pukul 19.00 WIB. 

Gatot menegaskan agar Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri agar mencatat bahwa kegiatan KEC SMK Negeri 1 Ngasem, ini merupakan agenda tahunan. 

Sementara itu, Samsul selaku Ketua Penyelanggara Kegiatan KEC yang digagas siswa - siswi SMK Negeri 1 Ngasem, bisa terselenggara berkat dukungan dari dinas terkait, baik Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kabupaten Kediri yang sudah bekerjasama dalam mewujudkan acara ini.

Samsul berharap KEC ini untuk bisa menjadi event tahunan, dan kedepan lebih meningkat ditingkat Nasional," harap Samsul. 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Cabang Kediri Trisilo Budi Prasetyo melalui perwakilannya memberikan apresiasi kepada SMK Negeri 1 Ngasem.

"Pihak Dinas Pendidikan Provinsi berharap kegiatan ini bisa berjalan sukses dan tahun depan bisa digelar dengan lebih besar lagi," ungkapnya.

Sementara, Agus Sunandar selaku Dewan Juri dari Flower Malang Carnival menyampaikan, bahwa pihaknya akan mengajak peserta yang terbaik yang bisa menampilkan kreasi balutan budaya jawa, nanti akan dipromosikan dalam pentas dikancah Internasional. 

Agus juga akan ikut mempromosikan ke Menteri Pariwisata, agar ikut ajang festival di Luar Negeri.

Ia berharap kehadiran Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri, kegiatan KEC ini, tahun depan bisa dimasukkan menjadi kalender Dinas Pariwisata Kabupaen Kediri,"harap Agus. 

Terpisah, salah satu peserta, Yuvinda siswi SMK Negeri 1 Ngasem, Kelas X, Jurusan Akomaodasi Perhotelan, menampilkan kostum dengan tema matahari.

Peserta lain seperti, Gerry siswi SMK Negeri 3 Kota Kediri, persiapan satu minggu, dengan tema kostum jaran goyang. Gerry ditanya tema kostum yang ditampilkan dalam acara KEC kali ini.

Ia menampilkan kostum jaran goyang, dikarenakan Kediri sangat kental dengan kesenian khasnya jaranan. 

Gerry berharap dengan mengeksplor seni budaya khususnya kostum modern ditambah kreasi budaya jaranan, diharapkan bisa menarik banyak wisatawan untuk datang ke Kediri. (prijo)

  • Whatsapp

Index Berita