Ribuan Santri Ponpes Al Falah, Ploso Mojo, Kediri Ikut Pawai Berpakain Adat

WARTAJATIM.COM: KEDIRI - Ribuan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, turun kejalan ikut memeriahkan dan meramaikan dalam pagelaran ' Pawai Budaya Nusantara', Minggu (15/4/2018) pukul 10.00 WIB.

Kali ini yang menarik, para santri memakai pakaian adat dan menampilkan seni kebudayaan dari daerah asal masing-masing santri. 

Disamping itu, mereka juga menampilkan kreasi kesenian dari daerah asalnya masing-masing. Dikarenakan, para santri Ponpes Al-Falah sebagian besar berasal dari seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara ini, KH. Zaenudin Djazuli, KH. Nurul Huda Djazuli, KH. Fuad Mun’im , dan Kapolres Kediri Kota AKBP.Anthon Haryadi, serta para Gus dan pengajar. 

Para santri menampilkan berbagai adat. Diantaranya, Adat Betawi asal Jakarta, Seni Silat khas dari Santri, Tari Piring dari Minangkabau, Sumatera Barat, Kesenian jaranan khas Kediri. Tak ketinggalan seni khas Madura kesenian kerapan sapi. Masih banyak lagi, berbagai kesenian lainnya sesuai daerah asal para santri.

KH. Nurul Huda Djazuli, selaku pengasuh Ponpes Al-Falah menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Nusantara kepada santri.

Sebab, selain dituntut untuk pandai mengaji, santri juga harus memiliki kreatifitas dalam berbagai bidang, termasuk kesenian.

Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi, menyampaikan bahwa kegiatan ini, merupakan bentuk kepedulian santri dari berbagai daerah di Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan melalui pelestarian budaya.

"Selain mengapresiasi, pihaknya juga terbantu dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas dan menitipkan pesan anti berita hoax," tuturnya. 

Perlu diketahui, agenda ini rutin diadakan tiap tahun, pada akhir tahun ajaran di pondok. Adapun rute yang dilalui peserta pawai atau karnaval sejauh 2 kilometer mengelilingi kawasan pondok. (prijo)

Index Berita