TNI Peduli Bencana : Kodim Nganjuk 0810 Bantu Benahi Rumah Warga Pasca Bencana Angin Puting Beliung

INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Komandan Kodim 0810/Nganjuk, Letkol Kav Joko Wibowo., Sh. MM, meninjau dan turun langsung dan ikut karya bhakti ke lokasi bencana alam angin puting beliung di Dukuh Branjang Desa Bareng Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk, Senin (19/11). 

Didampingi oleh Muspika Sawahan, Dandim turut gotong royong mengevakuasi puing-puing pasca bencana yang mengakibatkan kerusakan atap rumah milik warga. Sebanyak 5  rumah dan adapaun kerugian materiil diperkirakan 121.121.000 Seratus Dua Puluh Satu Juta Seratus Dua Puluh Satu Ribu Rupiah.

Seperti diberitakan sebelumnya, angin puting beliung menghantam sejumlah rumah warga di Desa Bareng Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur Minggu (18/11) sore sekitar pukul 16.30 WIB.

Berdasarkan fakta di lapangan, Desa Bareng sebanyak 5 rumah warga dan mengalami rusak bagian atap rumah hingga rusak sedang dan ringan akibat angin puting beliung tersebut. Pihak Koramil 0810/05 Sawahan, Polsek Sawahan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pendataan terhadap korban angin puting beliung yang terjadi di Desa Bareng, Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Meski demikian, tidak ada korban jiwa atau warga yang terluka akibat angin puting beliung tersebut. Namun warga sempat panik karena sebagian atap rumahnya dan Pohon Pohon berhamburan karena diterjang angin kencang.

Dandim 0810/Nganjuk Menyampaikan kegiatan ini bentuk kepedulian TNI terhadap bencana alam serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, kita berharap semoga hari segera selesai dan dapat di tempati kembali serta kedepan tidak ada bencana di wilayah Bareng Nganjuk pada umumnya, ujarnya

Kami akan mengerahkan seluruh anggota untuk membantu sampai dengan bener bener selesai dan dapat di tempati kembali oleh pihak yang menjadi korban bencana angin puting beliung ini, tambahnya

Saat ini mendapat bantuan dari pemerintah desa setempat beserta anggota Kodim 0810/Nganjuk, Polres Nganjuk, (BPBD) Tagana, Serta Masyarakat bergotong royong membenahi rumah yang mengalami rusak akkibat terjangan putting beliung. Terkait dengan cuaca ekstrem yang diprediksikan akan terjadi selama beberapa hari ke depan, di himbau kepada seluruh masyarakat Bareng Sawahan Khususnya untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama ancaman angin puting beliung yang tidak bisa diprediksi.

Sementara itu, pihak Koramil bersama tiga pilar turun tangan dengan melakukan karya bakti TNI guna membantu memperbaiki sejumlah rumah warga yang menjadi korban angin puting beliung. Kodim 0810/Nganjuk menurunkan anggotanya sebanyak 25 orang, perangkat desa lima orang, anggota Polsek sebanyak 15 orang, BPBD 10 orang dan puluhan warga setempat.

Untuk kelancaran pelaksanaannya Danramil 0810/05 Sawahan, Letda Inf Nurhadi, bertindak sebagai koordinatornya. Sehingga pihaknya berinisiatif melakukan karya bakti untuk membantu korban bencana alam tersebut.

Atas bantuan tersebut, Kepala Desa Bareng, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu memperbaiki atap rumah warganya yang rusak akibat diterjang angin puting beliung, pungkasnya. (sakera /oji /kla) 

  • Whatsapp

Index Berita